bandung lately

Hari jumat kemarin ini macetnya yoi banget ya, pemirsaaaaaaaaahh….
Ngga kira-kira deh, beneran, macetnyaaaaaaa….

Jadi kemarin sore, ketika saya lagi bimbang buka puasa di mana, akhirnya saya memutuskan untuk pulang saja abis ngedrop file ke SAB… ceritanya mau nebeng wildan sampe’ per4an suci-pahlawan…

Ternyata, eh, ternyata… belum sampe’ persimpangan Jl. Sidomukti – Jl. Pahlawan, udah macet… mengkol lah si cep Wildan ke Jl. Batik Kumeli, dengan harapan di Jalaprang agak lebih mending… eh, ternyata ngga juga, dooooong… jadi udah weh, saya mah turun di mulut Jalaprang, ninggalin Wildan yg harus berusaha belok kanan ke arah Pusdai…

Lalu saya jalan ke arah per4an Jl. Suci – Pahlawan.
Lalu, coba saja bayangkan ekspresi saya ketika melihat Jl. Suci yg ke arah Cicaheum macetnya kaya’ sembelit begini…

perempatan suci – pahlawan

di jalan katamso

Macetnya sih kaya’nya gara-gara lampu merah di per4an Cikutra mati, sehingga semua orang pengen duluan belok… macet lah itu sampe’ mana-mana…

Akhirnya saya memutuskan jalan aja sampe’ Griya Pahlawan.. kali-kali dari situ mah udah aga lancar, seperti biasa, jadi saya bisa megat angkot di situ… eh, ternyata yaaaa, sodara-sodaraaa… masih macet jugeeee… si angkot yg dari Cicaheumnya tuh ga bisa belok ke arah Katamso, hahaha… yasudah, jadilah saya terusin acara ngabuburit bari nikreuh itu sampe’ PPI, saingan sama motor-motor yg pengen naik trotoar dan nyelap-nyelip di sana sini…

Lalu saya jadi mikir… saya cukup optimis, 2 tahun lagi lalu lintas di Kota Bandung akan lumpuh kalo’ trend pertumbuhan jumlah kendaraan bermotornya ga’ dikendalikan…

Lihat aja yg ada sekarang…
Jumlah penduduk Kota Bandung = 2.510.982 orang lebih
Automotive vehicle growth (2010) = 1,101,680 kendaraan (jumlah kendaraan tahun 2010 = 39% lebih banyak daripada tahun 2009 – Galamedia)

Itu kan artinya dalam setahun, 1 dari 2 orang yang ada di Bandung punya kendaraan baru…!!!
Gilakkk!! Orang Bandung tajir-tajir beut yaaaah…

Tapi alangkah bodohnya…
Karena panjang dan lebar jalan di Bandung cuma segitu-gitunya aja, susah kalo’ mau ditambah… katanya mau bikin under pass & tol dalam kota untuk menyelesaikan masalah kemacetan?? Kok saya curiga itu hanya akan menambah masalah baru ya… kaya’ gali lobang tutup lobang…

Kenapa sampe’ hari ini ga’ pernah ada yang serius ngomongin soal pembatasan jumlah kendaraan bermotor di Bandung, sih? Terlalu merugikan untuk banyak pihak, ya??

Bisa ga ya, pihak berwenang – siapa pun itu – bikin peraturan yg menyatakan bahwa mulai tahun ini sampe’ 5 tahun ke depan, ga boleh ada mobil dan motor baru yang dijual di Bandung…
Kalo’ pun mau beli, belinya harus cash, dimahalin, ga boleh dikredit…

Saya yakin, orang Bandung cukup kreatif cari kerjaan baru kalo’ ga bisa lagi jadi sales mobil / motor… saya yakin… hehe

Bisa ga ya, pihak berwenang – siapa pun itu – bikin kebijakan yg meng-encourage warganya untuk menggunakan moda transportasi umum instead of kendaraan pribadi… dengan kata lain: urusin tuh angkot & bus damri yg udah ada… ga usah sok-sokan mau bikin trans metro bandung (yang sudah gagal), jalur sepeda (yang juga gagal), monorail, atau kereta gantung…

Kenapa sih, ada orang yang ga mau berhenti mikirin dirinya sendiri, sebentar aja… supaya kita semua bisa hidup nyaman…

Bandung itu udah sangat padat…

Saya yakin, 10 tahun terakhir ini kasus tindak kekerasan dan kriminal di Bandung pasti juga meningkat, seperti layaknya jumlah penduduk dan jumlah kendaraan bermotor, beserta kemacetannya…

Saya yakin, karena menurut saya inti permasalahannya ada di kepadatan Kota Bandung yang sangat tinggi itu…
113 jiwa per hektar!!!
Kepadatan penduduk di Kota Bandung 2 tahun lalu itu sekitar segituan angkanya…

Bayangin, dalam satu lapang sepak bola ada 113 orang yang hidup dan beraktivitas bersama-sama setiap harinya… bayangin tingkat stress-nya… bayangin kalo’ dalam satu lapangan bola itu cuma ada 2 dispenser air mineral, 2 piring nasi, dan 4 buah gelas minum…

…lapangan bola seluas 1 hektar, diisi 113 orang di dalamnya…

Bayangin kalo’ tiba-tiba dispenser air minumnya diambil orang, piring nasinya tumpah, dan gelasnya hilang…

lalu ternyata setelah kroscek barusan, kepadatan kota Bandung sekarang tuh 155 jiwa per hektar… @_@
silakan tambahkan sendiri 42 titik kuning lagi di lapangan sepak bola di atas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s