unik vs spesial

sepertinya obrolan ringan seperti ini lebih mudah dituliskan, daripada cerita liburan yang tak kunjung rampung ditulis sejak akhir pekan lalu. hehehe.

kemarin saya nge-drop oleh-oleh ke SAB, kantornya Iqbal, Wildan, Luna, dan Tiffa, yang jaraknya cuma sepelemparan batu dari kantor saya. Eh, ternyata di sana si Iqbal lagi jadi single fighter, jadi satpam jagain kantor supaya kantornya ga kabur. Setelah ngomongin keripik bayem dan sedikit kebodohan saya waktu main ke Surabaya kemarin, tiba-tiba nyambung ngomongin tentang hubungan manusia. (eum, ga tiba-tiba juga sih.. ini biar agak dramatis aja…)

kami lalu ngomongin tentang bedanya “unik” dan “spesial”.
intinya, ketika kita memperlakukan orang sebagai individu yang unik, kita akan memperlakukan dia “as (s)he is”. contohnya: cara saya ngobrol sama Iqbal, sama Wildan, sama Tiffa, sama Ratieh, pasti beda; karena setiap orang “ditangani” dengan cara berbeda: khas, sebagaimana uniknya orang tersebut.

tapi lain halnya jika kita memperlakukan orang dengan spesial, atau berbeda. nah, yang kaya’ gini yang (ternyata) suka bikin geregetan. haha!
perlakuan yang berbeda, mau tidak mau, akan membawa kita pada pertanyaan “apakah dia melakukan hal tersebut kepada semua orang?”
dan jika pertanyaan tersebut tak kunjung berjawab (atau jawabannya adalah “tidak”), seringkali mengarah pada ke-geer-an dalam tahap-tahap tertentu.

tapi lucunya, tidak setiap saat kita bisa menyatakan bahwa kita hanya berbuat baik; memperlakukan seseorang “as (s)he is” tadi itu. karena kadang-kadang, yang bisa tau tuh hanya teman-teman / orang-orang terdekat kita, yang notabene sudah tau betul kelakuan kita, termasuk yang minus-minus dan malu-maluinnya.

nah, jadi sekarang saya lupa, tadi saya mau bilang apa sebelum mulai nulis.
yang jelas, semua orang unik, tidak berarti semua orang spesial.

stop playing with others’ feeling, shall we?🙂
*curcol*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s