tarakan (d03): speedboat

nyaris gagal lagi melaut. kali ini karena si pengayuh sampan ga berani nyeberang ke tarakan lantaran di tempatnya (sekitar bulungan) lagi hujan dan berombak tinggi.

Pagi hari Kamis itu hujan lagi. Kecil sih, tapi temennya banyak. Nyaris gagal lagi saya melaut. Akhirnya kami ke Pasar Beringin, cari speed boat yang mau nganter ke Pulau Sadau. Ternyata naik speed boat rasanya gitu doang, kaya’ ngebut di jalan tol. Lihat ada kapal ikan baru merapat di pasar ikan ini, lihat pom bensin terapung, lihat kapal batubara segede buta, lihat hutan bakaunya Tarakan, lihat dermaga masyarakat Pulau Sadau.

Kami merapat di dermaga, lalu lihat-lihat perkampungan nelayannya. Yang cuma segitu-gitunya. Tidak ada jalan tembus dari sisi pulau ini ke sisi seberangnya. Harus berjalan memutar, melalui tempat pencampuran batu bara. Lewat jalan tanah. Pantainya tidak bagus, karena pasirnya pasir sedimentasi sungai. Sumber air orang sana adalah sumur bor, dan sumber listriknya dari generator. Telepon? Satelit, mungkin. Saya tidak mencari tahu.

Sepulangnya, inilah pemandangan yang menemani perjalanan saya. Bagaimana mungkin saya tidak merasa kecil (dan dikecilkan) dibanding Yang Menciptakan Semua Ini.

Semendaratnya, saya sambil lihat-lihat Pasar Beringin yang didirikan di atas dek kayu ulin ini. Cukup serem juga jalan di atas dek kayu yang berderak-derak kalo’ dilewati dan bercelah-celah karena tidak rapat tersusun. Ngeri, mengetahui bahwa kita sedang berjalan di atas air. Haha. Setelahnya, kami mampir ke Hutan Konservasi Mangrove. Katanya, di sini ada Bekantan (Monyet Proboscis). Tapi mungkin karena mendung (atau malu ?), mereka tak muncul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s