tarakan (d02): hujan

hari ini saya berasa jadi Water Bender pembawa hujan. karena rasa-rasanya dari mulai perjalanan ke airport sampai di tarakan, hujan mulu. (ah, itu mah emang lagi musim ujan aja kali..)
well, hari ini saya jadi turis di tarakan. ini sedikit ceritanya.

Tema hari ini adalah HUJAN. Deras sekali. Jadi, karena gagal ke Pulau Sadau, hari ini saya diantar jalan-jalan keliling kota & lihat-lihat obyek wisata eksisting saja. Lihat tugu pompa angguk, lihat Pantai Amal, lihat wash tank yang selamat dari pemboman Belanda dulu. Mampir di warung pinggir pantai di Pantai Amal, ngemil gorengan hangat, kapah (kerang laut) rebus, dan segelas teh manis panas.

Lalu kami mampir ke Museum Roemah Boendar. Museum ini menyimpan benda-benda peninggalan jaman penjajahan Jepang dulu itu. Dulunya ini tangsi militer untuk tentara Australia. Bentuknya atap & strukturnya setengah lingkaran, atapnya seng. Di dalamnya ada peta Tarakan tahun 1940-an, maket pompa angguk, foto-foto, dan ada juga mobil kuno di garasinya. Area ini termasuk kawasan konservasi di Tarakan, tapi lahannya milik pribadi, karena mwarga pada ga mau jual ke pemerintah. Jadi, yg dilakukan oleh pemerintah “hanya” menyuruh” warga mempertahankan bentuk asli bangunan & fasadenya.

Siangnya, setelah makan siang, saya jalan-jalan di sekitar Jl. Yos Sudarso. Lihat-lihat jalan utama yang didominasi oleh ruko-ruko, lihat adek kecil payungan berdua dengan manisnya, lihat penutup got pasti mahal banget karena terbuat dari kayu ulin. Lalu jalan-jalan ke Taman Oval dan ngelewatin klenteng.

Sesorean itu saya jalan-jalan, lihat kota yang sepertinya isinya ruko semua ini. Ada ruko yang berderet panjang, ada ruko yang berderet pendek, ada ruko yang ada arkadenya. Sore itu saya jalan ke arah pelabuhan perikanan. Lihat matahari yang hampir tenggelam. Lalu lihat juga Pasar Gusher, pasar oleh-olehnya yang menyerupai pusat perbelanjaan Kings di Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s