puree kentang

say hello, please.. ini pure kentang bikinan saya & ibu tadi siang.. hehe..
saya bagian ngolesin loyang pake’ mentega + nuang adonan ke loyang + motongin + makan :p

bahan kentangnya:
1 kg kentang
2 sachet susu bubuk putih
6 telor
garam + merica + pala secukupnya (atau 2 bgks masako)

bahan isinya:
250 gr daging cincang
100 gr kacang kapri
100 gr wortel diiris-iris
100 gr jamur kuping
soun, bungkus kecil, direndem dulu pake’ air anget
bawang bombay dan teman2nya, secukupnya, sesuai selera, dirajang halus (1 bombay + 3 bawang putih + 5 bawang merah)
1 masako atau merica + garam + pala secukupnya

cara bikinnya:

  1. kentangnya direbus sampai matang, kupas, hancurkaaaannnn!! kaya’ kalo mo bikin perkedel…
  2. tambah garam + merica + pala bubuk atau masako + merica + pala bubuk secukupnya
  3. tambah susu bubuk
  4. cobain dulu rasanya.. kalo’ kurang garem, tambahin sekarang, sebelum dicampur telor..
  5. kocok telor2nya, masukin ke adonan (kalo’ mau jadinya agak lebih empuk, tambahin aja telornya)
  6. sekarang kita bikin isinya… tumis bawang2an bareng sm daging cincang sampe dagingnya mateng
  7. masukin wortel, kacang polong, jamur kuping sampe’ mereka agak layu…
  8. masukin sounnya.. jangan lupa dipotong2 dulu sounnya, biar gampang makannya, hehe..
  9. tambah garam + merica + pala bubuk atau masako + merica + pala bubuk secukupnya
  10. masukin ke loyang / pyrex (loyang kaca) yang udah dikasi mentega (agak tebel ya, menteganya, biar ga lengket) dengan urutan kentang – isian – kentang..

keuntungan pake’ pyrex adalah, ga usah ngeluarin si pure dari dalem loyang karena bisa langsung disendok / disajikan dari pyrexnya… berhubung tadi males bongkar2 peti & dus untuk nyari si loyang pyrex, saya sama ibu pake’ loyang aluminum biasa…

kocok 2 telor lagi buat toppingnya.. parutin keju deh di atasnya….
panggang di oven.. berapa lama yah… mmm, dikira2 aja lah.. pokoknya sampe atasnya warnanya kuning keemasan gitu… (gaya ga tuh, bahasanya udah macam buku resep beneran :p)

et voila!! bon apetite🙂

2 thoughts on “puree kentang

  1. Poets…kayanya enak tuh..
    Saya pernah bikin juga yg kaya gitu, tapi di resepnya namanya Pastel Tutup, salah satu makanan warisan wong Londo…yg saya buat dagingnya pake daging ayam…sama enaknya kok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s