mind my own business

saya sering sekali heran, betapa rasa penasaran orang terhadap urusan orang lain begitu tinggi.. saya tau, kadang (atau sering kali?) rasa ingin tau itu menunjukkan kepedulian kita terhadap orang yang dipenasarani.. (dipenasarani, kata macam apa ituuu… saya pasti dimarahin pak sapto kalo beliau bacaaa, haha..)

anywaaaaaaaay… baru-baru ini saya mengalami kegiatan yang dijuluki makan ati oleh sebagian besar orang karena rasa penasaran dan peduli saya… well, ga baru-baru ini aja sih sebetulnya.. tapi mungkin kejadian yang baru-baru ini tersebut cukup bikin saya luar biasa naik pitam dan…. mungkin bisa dibilang kapok penasaran sama urusannya….

Baiklah, mari mulai dari awal, supaya lebih ga bingung..

Kemarin siang tiba2 seorang teman lama, sebut saja inisialnya R.A.T.I.H., memunculkan pop up window messanger saya, nanya, aga gossip apa… heran deh, ini ibu2 hamil masih hobi aja rumpi2 gosip… hehe.. [berikut versi singkatnya, pastinyaaa banyak yang saya potong :D]

R: put…! Gossip dong, gossip…

P: gossip apa?

R: nya, naon weh.. sugan aya berita..

P: haha.. ini bumil gossip ajeu.. teuing, tih.. urg geus lila teu menghubungi sasaha & tatanya kabar.. komo ngagosip mah… jadi urg sarua teu up-to-date na jeung maneh😀

R: hooo… si ieu kumaha? [ratih menyebutkan sepasang nama, X dan Y]

P: ah, nya kitu weh meureun.. si X pernah nyarita saeutik sih kamari2…

R: naon cenah?

P: [menanggapi seperlunya]

R: bisa kitu, nya…?!

P: heu… nya bisa, da lain tembok…

R: nya, maksud teh, ku kitunaaaa… ai maneh terus ngomong naon ka manehna (X – red.)

P: [menanggapi seperlunya lagi]

R: kitu wungkul??? Teu ateul komentar maneh?

P: ateul pisan, hahahaha… tapi ya, tih.. karena hubungan pertemanan saya sm dia mah ga kaya’ saya sm kamu, jadi urg teu bisa ngomong heuras teuing oge sih.. hehe

R: naha?

P: ah, kau tau sendiri dia orangnya begitu…

R: hooo… naha nya, ngajadina ka nu sejen wae.. hehe

P: duka, da teu jodo, meureun.. hehe

R: terus? Kitu wungkul?

P: enya, emang naon deui? lagian, jujur, urang mah teu paduli… hehe

R: wah, kumat galakna.. keur teu mood ngomongkeun nu karitu nya?!

P: hahaha.. bukan gituuu… urg keur cape ngurusan urusan batur.. terutama nu euweuh hubunganana jeung urang… nanaonan, coba?!

R: hoo.. bener oge…

P: cape, tih.. ngabisin tenaga untuk sesuatu yang belum tentu ada untungnya buat saya… poko’na ayeuna mah kieu weh, salila urusan maranehna eta euweuh hubunganana jeung urang, teu ngaganggu urang, ku urang moal diurusan… pek tah urusan sorangan… aing teu paduli…

Kalo rasa penasaran berbanding lurus dengan kepedulian terhadap seseorang (dalam hal ini: orang yg digosipin), artinya infotainments itu generous sekali ya? Kepedulian mereka terhadap seleb2 itu tinggi amat.. sampe berita2 ga penting macam Justin Bieber potong rambut aja diwawar-wawar ke semua orang… (penting kan ini?? penting?!! penting abis, tau..!!)

Kalo rasa penasaran berbanding lurus dengan kepedulian terhadap seseorang (dalam hal ini: orang yg digosipin), harusnya dunia ini aman damai sejahtera yah?! Kan semua orang dipedulikan sama semua orang yang lain.. simple logic, isn’t?!😀 hehe…

Tapi, untuk orang seperti saya yang sungguh amat sangat tidak pandai berbasa-basi, sepertinya rasa penasaran saya (yang berdasar murni atas kepedulian saya terhadap manusia atau sekelompok manusia tertentu itu) lebih mudah diartikan sebagai “memasuki ranah kehidupan orang lain tanpa izin”… untuk kasus ini, entah saya yang gagal minta izin, entah orang lain tersebut yang gagal mengerti bahwa saya peduli…

Tapi sejujurnya, saya sekarang tidak terlalu peduli lagi. Aneh, ya?!

Bilang aja saya pundung… yaaah, terserah deh mau bilang apa…

Iya, saya pundung… karena orang yang saya pedulikan ternyata tidak peduli kekhawatiran saya dan tidak berusaha meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir…

Dan mendadak, saya males ikut campur urusan orang…

Bukan berarti saya menolak dicurhatin sama teman-teman saya.. bukan berarti saya mau memutus tali silaturahmi… saya hanya mau berhenti peduli sedikit sama orang lain…

Semoga ini bukan keputusan yang saya buat ketika saya sedang (masih) marah..

From now on, I shall only mind my own businesses. And may your businesses be yours.

and dr. House & dr. Taub maybe right all these times:

“the world is a better place if people just being selfish”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s