auf Deutsch

saya baru-baru ini melanjutkan minat belajar bahasa.. (yang wacananya mah udah ada dari jaman kuda gigit besi, sekitar jaman saya SMA, lah…) bahasa apa? kalo bisa bahasa kalbu mah, saya belajar bahasa kalbu dah….

saya belajar bahasa jerman.. kenapa jerman? ga tau, pengen aja… mungkin karena dia yang paling deket sama bahasa inggris.. dan beberapa waktu yang lalu, ada teman saya yang mau ngajarin, for free.. saya jadi kelinci percobaannya, gitu… kalo penasaran, namanya iqbal… dulu saya les ber3, sama asyu dan billy

tapi terus belajar barengnya berhenti.. soalnya.. iqbal bingung mau ngajarin apa lagi.. hahaha :p akhirnya, saya menggenapkan niat dan tabungan untuk ngambil les bahasa jerman di UPT bahasa ITB… lumayan lah.. murah meriah, dan saya 2 kali seminggu bisa cabcus lebih cepet dari kantor😀 hehehe *ampun, pak.. asli, itu mah side effect da.. side effect yang menyenangkan, huehehe*

nah,  jadi ceritanya saya baru melalui level pertama dalam belajar bahasa jerman.. Grundstufe A.1.1… 2 minggu yang lalu baru ujian tuh.. yang saya (tentunya) gelagapan waktu Sprachtest alias ujian lisannya.. maklum, penuaan dini, jadi otaknya mulai karatan…

dan sebelumnya, (ceritanya) dalam rangka memperlancar dan menambah kosakata bahasa deungeun eta, iqbal mengajukan satu ide cemerlang *as always* yang kemudian bikin saya mikir kalo mau sms dia… katanya dalam sebuah sms pada suatu malam tak berbintang:

“… yaudah, kalo gitu, mulai sekarang kamu kalo sms saya pake basa jirman aja, kakaaak…”

kubalaslah dengan bahasa jerman… dan berbalas begini:

“… Superb! Nur Deutsch von jetzt an hehe..” (luar biasa! mulai sekarang (kita smsan) hanya (pake) bahasa jerman..)

dan mulailah derita saya.. kalo mau sms iqbal, harus mikir dulu sambil buka kamus.. hahaha.. *kaya’ orang susah deh guee.. rempong!*

tapi sebetulnya, yang lebih shocking adalah ketika tadi malam, atau kemarin malam tepatnya, saya bermimpi.. Ich war in Deutschland und mein Traum war teilweise auf Deutsch….!!!

saya bermimpi, saya sedang di jerman (entah di mananya, pokoknya saya lagi cari oleh-oleh sama Nope dan umat2 yang lain), dan mimpi saya sebagian berbahasa jerman… argh…!!! serem banget ga sih?? saya, sampai tahun ke-26 hidup saya yang masih terasa seperti tahun ke-22 ini, bahkan ga pernah ngimpi dalam bahasa inggris.. let alone jerman!! hahaha… mungkin saya segitu stressnya kali ya, belajar bahasa yang satu ini?? T_____T

2 thoughts on “auf Deutsch

Leave a Reply

